Minggu, 16 November 2008

BELAJAR

Forum Tribune-Plex dipimpin W Suwito, SH, MH dalam sebuah meeting di Dapur Redaksi Borneo Tribune. FOTO Dok/Borneo Tribune


Bermula dari Ketiadaan Menuju Tribune-Plex
Semangat. Tidak ada satu kekuatan yang bisa mengalahkan semangat. Hal itulah yang terasa dari penyelenggaraan Kursus Narative Reporting yang diselenggarakan 10-14 November di The Roof Café Hotel Peony.
Dari sisi administrasi, peserta, hingga dana, semua dimulai dari tiada. Tetapi semangat melambung tinggi bagaikan mimpi.
Semangat yang menjulang tinggi ibarat mimpi itu oleh koordinator program, Asriyadi Alexander Mering bersama Ketua Yayasan Tribune Institute, Dwi Syafriyanti dielaborasi sedemikian rupa ke tingkat konsep jadi. Konsep inilah yang dijalankan sebagai action-plan.
Dream yang menjadi action-plan digali dari semua lini pada pertemuan demi pertemuan. Baik yang non formal, informal, sampai rapat formal yang digelar secara khusus di meja bundar ruang redaksi.
Hasilnya? Blue-print program terbentang panjang. Banyak hal yang dideder dan diramukan. Sebagai contoh visi yang hendak dituju adalah perubahan peradaban dari lisan kepada tulisan. Titik sentuhnya pendidikan.
Kami semua sadar bahwa merubah peradaban itu tidak seperti membalik telapak tangan. Dibutuhkan proses dan semangat tanpa kenal lelah.
Kami sadar visi kami besar. Semua itu ibarat ingin memeluk gunung tapi apa daya tangan tak sampai.
Dengan kesadaran kecilnya tangan-tangan kami sebagai pelaksana, maka hanya kebersamaan yang merupakan kata kunci untuk dilakukan. Bahkan hanya dengan kebersamaan itu kami bisa menggapai mimpi-mimpi.
Sebuah program pendidikan kepenulisan bernama “Narative Reporting untuk Pontianak” yang lebih serius dari yang sudah-sudah sudah pernah kami laksanakan berhasil dicapai dengan target peserta 20 orang. “Tetek bengek” administrasi berjalan sebagaimana mestinya, serta dana yang semula tiada, bisa terpenuhi dengan impas.
Pembaca. Semangat belajar di center of excellent ini menjadi ruh sekaligus jiwa Borneo Tribune Cq Tribune Institute.
Kami semua dengan semangat kebersamaan belajar untuk menyelenggarakan kegiatan dengan standar yang profesional, belajar untuk memberikan service excellent. Kami mohon dukungan agar Tribune-Plex (Tribune Complex, red) bisa benar-benar tumbuh menjadi center of excellent. Pusat keunggulan lokal di Kalbar.